SYARAT
DAN KETENTUAN
BRIefx MOBILE BRI
ISTILAH
-
BRIefx
adalah aplikasi/sistem online berbasis web untuk
melakukan pelayanan transaksi valuta asing secara online dengan user pengguna
adalah nasabah valas BRI.
-
Bank
adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk. yang
meliputi Kantor Pusat, Kantor Wilayah, Kantor Cabang Khusus, Kantor Cabang,
Kantor Cabang Pembantu dan kantor lainnya yang merupakan bagian yang tidak
terpisahkan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk.
-
Nasabah
adalah badan usaha dan atau institusi
lainnya yang memiliki rekening simpanan dan atau pinjaman di BRI.
-
Client
adalah Nasabah yang telah terdaftar
sebagai penggunan layanan BRIefx Mobile.
-
User ID
adalah kode pada sistem/aplikasi BRIefx Mobile
yang diberikan kepada Client untuk menunjukkan identitas seseorang yang
mendapatkan hak akses dan harus dimasukkan pada saat melakukan akses BRIefx
Mobile.
-
Password
adalah kombinasi huruf (besar-kecil) dan angka yang
merupakan sandi rahasia yang harus dimasukkan pada saat melakukan akses BRI
efx
Mobile.
-
Token
adalah sms token yang akan diterima
nasabah setiap nasabah melakukan transaksi di BRIefx mobile.
ADMINISTRASI
PENDAFTARAN, PENGUBAHAN DAN PENGHAPUSAN
-
Setiap pendaftaran, pengubahan dan
atau pengubahan data Client atau User ID, maka Client harus
mengisi Formulir BRIefx Mobile atau surat resmi lainnya.
-
Bank akan melakukan verifikasi dan
pengecekan terhadap kelengkapan dan kebenaran data pada Formulir BRIefx Mobile
serta dokumen pendukungnya. Bank dapat menolak dan mengembalikan formulir
tersebut apabila ditemukan ketidaksesuaian atau ketidaklengkapan data dan dokumen
pendukung.
-
Bank akan melakukan pendaftaran,
pengubahan dan atau penghapusan ke dalam sistem apabila telah dilakukan
verifikasi dan pengecekan terhadap formulir dan dokumen pendukung.
PENDAFTARAN
BRIefx MOBILE
-
Untuk dapat didaftarkan sebagai
Client
BRIefx Mobile, nasabah harus:
-
Mengisi formulir pendaftaran BRI
efx
Mobile.
-
Membaca, memahami dan menandatangani
Syarat dan Ketentuan BRIefx Mobile .
-
Melampirkan fotokopi dokumen legalitas
perusahaan antara lain Akta Pendirian dan Akta Perubahan Terakhir, Tanda Daftar
Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), NPWP atau izin usaha
lainnya, dan identitas para pihak di perusahaan (pemberi kuasa dan yang diberi
kuasa) BRIefx Mobile antara lain KTP/SIM/Paspor/kartu identitas lainnya.
-
Setiap pemegang User ID yang
ditunjuk oleh nasabah harus memiliki alamat email pribadi dan nomor handphone
yang aktif.
LOGIN/AKSES
KE BRIefx MOBILE
-
BRIefx Mobile hanya dapat diakses
melalui internet
-
Segala akibat yang timbul dari akses
BRIefx Mobile yang dilakukan oleh Client di luar alamat
website
BRIefx Mobile sepenuhnya menjadi tanggungjawab Client.
-
Untuk dapat mengakses aplikasi BRIefx
Mobile, Client harus :
-
memasukkanUser ID
-
memasukkanPassword
PENGGUNAAN
USER
ID
DAN PASSWORD
-
Pemegang User ID tidak
diperbolehkan meninggalkan terminal dalam keadaan aktif (logon) dan
harus melakukan logout setiap kali meninggalkan terminal.
-
Pemegang User ID wajib
mengamankan User ID dan Password dengan cara, namun tidak
terbatas pada:
-
Menjaga kerahasiaan
User
ID
dan Password.
-
Segera mengganti
temporary
password
yang diberikan oleh BRI, dan secara berkala melakukan penggantian password.
-
Tidak menuliskan
User
ID
dan Password pada meja, terminal atau menyimpannya dalam bentuk
tertulis atau pada aplikasi komputer atau sarana penyimpanan lainnya yang
memungkinkan untuk diketahui orang lain.
-
Segala akibat penyalahgunaan
User
ID
dan Password adalah tanggung jawab Client sepenuhnya.
Client
dengan ini membebaskan BRI dari segala tuntutan yang mungkin timbul
baik dari pihak lain maupun dari Client sendiri sebagai akibat
penyalahgunaan User ID dan Password.
-
User ID
bersifat permanen bila Client ingin
mengganti User ID, maka Client harus melakukan penghapusan.
-
Perubahan/Penggantian pemegang
User
ID
menggunakan Formulir Pengubahan BRIefx Mobile.
-
Client
bertanggung jawab sepenuhnya terhadap
semua instruksi transaksi yang terjadi berdasarkan penggunaan User ID dan
Password.
-
Client
wajib untuk segera memberitahukan
kepada Bank apabila User ID dan Password miliknya telah diketahui
orang lain yang tidak berwenang. Segala instruksi transaksi berdasarkan
penggunaan User ID dan Password yang terjadi sebelum Bank
menerima secara tertulis laporan tersebut merupakan tanggungjawab Client sepenuhnya.
-
Penggunaan User ID dan
Password
mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang
ditandatangani oleh pemegang User ID dan Password.
PEMBLOKIRAN
USER
ID
-
User ID
diblokir bila salah
memasukkan Password sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut pada saat
Login.
-
Client
harus menghubungi Divisi
Treasury untuk melakukan pembukaan blokir User ID dan mengikuti petunjuk
selanjutnya.
KETENTUAN UMUM
TRANSAKSI
-
Client
wajib mengisi semua data
yang yang dibutuhkan untuk setiap transaksi secara benar, lengkap, dan tepat.
Client
bertanggungjawab atas kebenaran, kelengkapan, dan ketepatan instruksi
transaksi dan membebaskan Bank dari segala akibat yang timbul karena
ketidaklengkapan, ketidakjelasan, atau ketidaktepatan instruksi/data transaksi
dari Client.
-
Pada setiap fasilitas
Transaksi, sistem akan selalu melakukan konfirmasi terhadap data yang diinput
Client
dengan menekan tombol “Submit”. Setelah menekan tombol
“Submit”,
Client
mempunyai kesempatan untuk membatalkan, memeriksa kembali dan atau
melakukan perbaikan data tersebut dengan menekan tombol
“Back” dan melakukan
input kembali.
-
Sebagai tanda persetujuan,
Client wajib menekan tombol “Confirm” dan menginput token setiap
melakukan otorisasi instruksi Transaksi.
-
Setiap informasi yang
mendapat konfirmasi atau “Confirm” dari Client yang tersimpan
dalam pusat data Bank merupakan data yang benar yang diterima sebagai bukti
yang sah atas instruksi dari Client kepada Bank untuk melakukan
transaksi yang dimaksud. Client melepaskan Bank dari tanggung jawab atas
segala akibatyang ditimbulkan oleh transaksi tersebut.
-
Client
wajib memastikan bahwa
User
ID
dan Password yang digunakan untuk aplikasi BRIefx Mobile
tidak digandakan dan disalahgunakan dalam bentuk apapun.
-
Bank menerima dan
menjalankan setiap instruksi dari Client sebagai bukti instruksi yang
sah berdasarkan pengunaan User ID dan Password. Untuk itu Bank
tidak mempunyai kewajiban untuk meneliti atau menyelidiki keaslian maupun
keabsahan atau kewenangan penggunaan User ID dan Password atau
menilai maupun membuktikan ketepatan dan kelengkapan instruksi yang dimaksud,
dan oleh karena itu instruksi tersebut sah dan mengikat Client dengan
segala akibat yang ditimbulkan.
-
Client
hanya dapat melakukan
Transaksi sebelum melewati Cut Off Time yang telah ditentukan Bank.
-
Untuk setiap instruksi dari Client atas
transaksi yang berhasil, Client akan mendapatkan bukti transaksi sebagai
bukti bahwa transaksi tersebut telah berhasil dilakukan.
-
Bank berhak untuk tidak melaksanakan
instruksi Transaksi dari Client, jika Bank mengetahui atau memiliki
alasan dan bukti yang cukup untuk menduga bahwa penipuan atau aksi kejahatan telah
atau akan dilakukan, dan atau Bank menerima perintah dari pihak yang berwenang.
-
Client
membebaskan Bank dari tanggungjawab
atas kerugian apapun yang timbul dari penggunaan aplikasi BRIefx Mobile
yang tidak sesuai dengan petunjuk yang tercantum dalam manual pengoperasian
aplikasi BRIefx Mobile yang diberikan BRI dan kerugian yang timbul
akibat kesalahan Client dalam melakukan transaksi.
-
Client
mengakui kepemilikan Bank terhadap hak
cipta dan hak milik intelektual lainnya dalam aplikasi BRIefx Mobile.
-
Client
tidak boleh menggandakan atau
meneruskan semua atau salah satu hak manapun, manfaat atau kewajiban atas
fasilitas ini kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari Bank.
-
Client
tidak akan mengganggu, melakukan
perubahan, alterasi, atau menyalahgunakan dengan cara apapun seluruh aplikasi BRIefx
Mobile.
-
Client
tunduk pada ketentuan pembebanan biaya
yang timbul dari proses pembelian/penjualan valas melalui aplikasi BRIefx
Mobile. Biaya transaksi bersifat reviewable dan dapat dinegosiasikan
melalui Divisi Treasury.
-
Client
menyetujui sepenuhnya membebaskan BRI
dari semua biaya, kerusakan, kerugian, kewajiban, atau pengeluaran apapun baik
langsung maupun tidak langsung yang timbul sebagai akibat dari pelanggaran oleh
Client terhadap kewajiban-kewajiban Client atas fasilitas ini
atau akibat apapun yang timbul dari dan atausehubungan dengan penggunaan
aplikasi BRIefx Mobile.
PEMBUKTIAN
-
Client
menyetujui dan mengakui
bahwa catatan, pita informasi, print out komputer, salinan dan bentuk penyimpanan
informasi atau data lain serta sarana komunikasi lain yang diterima atau
dikirimkan oleh Bank yang terkait dengan transaksi merupakan bukti yang sah atas
instruksi dari Client.
-
Client
mengakui keabsahan,
kebenaran atau keaslian bukti instruksi dan komunikasi yang ditransmisi secara elektronik
antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk komputer atau bukti
transaksi Bank,
pita
informasi, print out komputer, salinan dan bentuk penyimpanan informasi
yang lain, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan satu-satunya alat
bukti yang sah atas transaksi-transaksi perbankan melalui aplikasi BRIefx
Mobile.
-
Dengan melakukan transaksi melalui
aplikasi BRIefx Mobile, Client mengakui semua komunikasi dan
instruksi dari Client yang diterima Bank akan diperlakukan sebagai alat
bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan
dokumen yang ditandatangani.
FORCE
MAJEURE
-
Client
akan membebaskan Bank dari
segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan instruksi dari
Client
sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di
luar kekuasaan atau kemampuan Bank, termasuk namun tidak terbatas pada bencana
alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak
berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijaksanaan pemerintah,
serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan dan kemampuan Bank.
-
Bank tidak bertanggungjawab
bila terjadi kerusakan pada aplikasi dan atau perangkat
BRIefx Mobile
yang disebabkan oleh kesalahan Client atau
sebab-sebab lain seperti: komponen & sejenisnya, listrik padam, kabel putus,
kerusakan pada perangkat keras komputer dan lain-lain.
PENGAKHIRAN
LAYANAN
-
Layanan
BRIefx Mobileakan dihentikan oleh Bank apabila :
-
Client
mengakhiri
penggunaan layanan
BRIefx
Mobile dengan mengajukan surat penutupan fasilitas BRIefx
Mobile
serta menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan
sesuai dengan yang telah ditentukan Bank.
-
Bank
menengarai adanya penyalahgunaan layanan
BRIefx
Mobile
oleh Client dalam kaitannya dengan pelanggaran
hukum.
-
Bank
melaksanakan suatu keharusan atau perintah sesuai ketentuan perundang-undangan
yang berlaku.
-
Bank
atas pertimbangan dan kepentingannya sendiri mengakhiri pemberian layanan
BRIefx Mobile
kepada Client dengan memberitahukan kepada
Client
melalui sarana yang lazim.
-
Untuk aktivasi kembali
layanan
BRIefx
Mobile
yang dihentikan oleh Bank pada butir 1. di
atas, harus mengikuti prosedur registrasi Client baru.
LAIN-LAIN
-
Client
tunduk pada ketentuan dan
peraturan yang berlaku pada Bank serta syarat dan ketentuan yang mengatur semua
jasa layanan dan transaksi yang dicakup oleh
BRIefx Mobile
, termasuk
setiap perubahan yang akan diberitahukan oleh Bank melalui sarana yang lazim.
-
Bank setiap saat dengan
pertimbangan tertentu dapat mengubah manual pengoperasian
BRIefx Mobile
dalam bentuk apapun dan akan memberitahukan perubahannya
kepada Client melalui sarana yang lazim.
-
Bank berhak menghentikan
layanan
BRIefx
Mobile
untuk sementara waktu maupun untuk jangka
waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank karena Bank mengalami gangguan atau
untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan dan atau untuk tujuan lain yang
dianggap baik oleh Bank, dan untuk itu Bank tidak berkewajiban
mempertanggungjawabkannya kepada siapapun. Bank akan memberitahukan penghentian
sementara tersebut kepada Client melalui sarana yang lazim.
PERUBAHAN
SYARAT DAN KETENTUAN BRIefx Mobile
BRI setiap saat dengan pertimbangannya
sendiri berhak mengubah, melengkapi atau mengganti syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan
ini tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Client. Setiap perubahan
terhadap syarat dan ketentuan akan diberitahukan kemudian kepada Client dalam
bentuk dan melalui sarana yang lazim. Setiap perubahan atas syarat dan
ketentuan ini mengikat Client.